Selasa, Desember 22, 2009

Pemindahan, Penyebaran, dan Pemilihan Teknologi

1. Pemindahan teknologi

Pemindahan teknologi menyangkut kegiatan yang sengaja direncanakan dan mempunyai tujuan untuk memindahkan teknologi dari Negara yang satu ke Negara yang lain atau dari satu pemanfaatan ke pemanfaatan yang lain. Cara pemindahan teknologi dapat melalui berbagai saluran, yang paling penting adalah melalui pemerintah, badan internasional, perusahaan, perorangan dan universitas.

Ada dua sifat pemindahan (transfer) teknologi, yaitu transfer horizontal dan transfer vertical.

a. Transfer Horizontal

Yang dimaksud dengan transfer horizontal adalah teknologi yang sudah ada diterapkan dalam sektor produksi yang bersangkutan. Perpindahan itu terjadi dengan perantaraan penggunaan unsur fisik, mesin, peralatan, perlengkapan, komponen, blue prints, manual serta unsur informasi, proses, perumusan, pengetahuan, cara produksi, cara pemasaran, dan cara pengolahan.

b. Transfer Vertikal

Dalam hal ini, teknologi yang sudah ada diproses melalui penelitian dasar, tenelitian terapan, dan pengembangan menjadi suatu teknologi baru atau teknologi yang disesuaikan. Penelitian dan pengembangan (Research and development) memegang peranan penting sekali. Proses tersebut mengandung unsur dinamis yang dikenal dengan istilah inovasi.

Perpindahan secara vertikal merupakan gejala yang umum di Negara industri yang sering jumpai di sektor industri yang padat ilmu dan padat modal. Contoh pemindahan vertikal adalah pada saat Amerika serikat menemukan penemuan dari hasil proyek NASA (National Aeronautic and Space Administration) untuk kepentingan untuk masyarakat luas.

2. Penyebaran teknologi

Hasil pemindahan teknologi, baik yang bersifat horizontal dan vertikal dapat dikaitkan dan diintegrasikan ke dalam proses yang berlangsung dalam masyarakat pada saat pemindahan ataupun penemuan teknologi tersebut.

3. Pemilihan teknologi

Ini merupakan kegiatan secara menyeluruh suatu Negara memilih teknologi yang akan diterima, diserap, dicetuskan, atau dikembangkan agar tepat dan serasi dengan tujuan pembangunan. Kemampuan Negara berubah dari proses yang sedang berlangsung di dalam masyarakat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar